Japanese-Style Fried Rice (Chahan)

Lain-lainLeave a Comment on Japanese-Style Fried Rice (Chahan)

Japanese-Style Fried Rice (Chahan)

Tidak ada gunanya lebih baik untuk nasi sisa daripada chahan. Untuk memberi sedikit hidangan sederhana, saya menyiapkan kaldu yang berisi sayuran dan udang dan menuangkannya di menit terakhir. Tentu saja, Anda dapat menambahkan bahan apa saja yang Anda suka — kacang polong atau asparagus, kimchi atau acar Jepang, babi, atau bahkan, seperti yang saya lakukan.

Bahan:

1/4 cangkir wortel (1/4-inci kubus) potong dadu
12 udang sedang (sekitar 6 ons), dikupas dan dibelah, dipotong melintang menjadi tiga
1/4 cangkir biji jagung segar atau beku
1/4 cangkir edamame segar atau beku dikupas
1/4 cangkir jamur shiitake segar yang dipotong dadu (1/4-inci) atau shiitakes kering kering
2 1/4 cangkir kaldu ayam rendah sodium
3 sendok makan kecap Jepang
3 sendok makan sake (anggur beras Jepang)
2 sendok teh gula pasir
1 1/2 sendok teh garam halal
3 sendok makan tepung jagung
2 sendok teh minyak wijen panggang
Lada putih atau hitam secukupnya
1/4 cangkir minyak sayur
4 telur besar, kocok sebentar
6 gelas kemasan nasi putih beras pendek, lebih disukai 1 atau 2 hari
1 sendok makan daun bawang iris tipis diiris

Persiapan:

  • Didihkan sepanci air. Tambahkan wortel dan masak 2 menit. Tambahkan udang dan masak sampai matang, 1 hingga 2 menit lagi. Kuras dan kembalikan ke panci. Tambahkan jagung, edamame, shiitakes, kaldu ayam, kecap asin, sake, gula, dan 1/2 sendok teh garam. Atur panci di atas api sedang-tinggi dan didihkan. Dalam wadah kecil, aduk tepung maizena dan 3 sendok makan air sampai rata. Tambahkan campuran tepung jagung ke panci secara bertahap, aduk terus. Biarkan campuran kaldu mendidih lagi dan masak hanya sampai agak mengental, sekitar 3 menit. Angkat panci dari api dan aduk minyak wijen dan lada secukupnya; tetap hangat, tertutup.
  • Panaskan minyak sayur dalam wajan besar di atas api sedang-tinggi sampai berkilau. Tambahkan telur dan masak, aduk terus, sampai hampir matang, sekitar 30 detik. Tambahkan nasi dan masak, aduk sesering mungkin dan hancurkan rumpunnya tetapi pastikan tidak menghancurkan biji-bijian, sampai nasi dipanaskan dan telurnya agak kecokelatan, sekitar 4 menit. Bumbui dengan sekitar 1 sendok teh garam dan lada secukupnya.
  • Bagilah nasi goreng di antara 4 mangkuk kecil dan tekan kuat-kuat nasi untuk dimasukkan ke dalam mangkuk. Balikkan mangkuk ke 4 mangkuk besar. Lepaskan mangkuk untuk mengungkapkan gundukan beras dan tuangkan saus di atas masing-masing. Beri topping daun bawang dan sajikan.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back To Top